Apa itu Kompresor Kulkas? Yuk Mengenal Komponen Pada Kulkas

mengenal komponen pada kulkas

Penulis Suhendi • di Posting pada Sabtu, 17 September 2022 • Perkiraan 4 Menit Membaca

Apa itu kompresor kulkas? Yuk Mengenal komponen pada kulkas – Mengetahui akan pentingnya sebuah elektronik, tentunya salah satu bagian tidak bisa ditinggal adalah kulkas dimana terdapat banyak komponen. Hampir semua orang juga sudah mengetahui bahwa tugas utama kulkas merupakan tempat pendingin makanan agar bisa bertahan lebih lama. Namun pernahkan anda memerhatikan kompresor kulkas, apa itu kompresor kulkas? Begini cara kerjanya bersamaan dengan komponen lain demi mendukung kinerja elektronik ini.

Tentunya bila rumah tangga memiliki kulkas tentunya akan sangat membantu sekali dalam menjaga bahan makanan ketika akan dimasak menjadi tetap segar. Bila harus dikatakan, nyatanya kehadiran kulkas juga sama pentingnya dengan elektronik lain demi memudahkan berbagai kebutuhan terutama makanan. Karena suhu dingin memang jauh lebih baik dalam proses menjaga kondisi dan mengawetkan makanannya.

Mengenal Komponen Pada Kulkas

mengenal komponen pada kulkas

Sebenarnya tidak hanya sisi kompresor saja harus kita ketahui, tetapi ada juga beberapa komponen lain juga sama pentingnya. Terkait masalah fungsi serta penggunaan memang tepat untuk dibahas, terutama bila terjadi masalah pada bagian tersebut nantinya. Karena nyatanya setiap rumah tangga membutuhkan elektronik ini demi kebutuhan makanan serta penyimpanan lainnya. Inilah mengapa setiap bagian kulkas harus diperhatikan demi kinerja kulkas menjadi lebih baik lagi.

Berikut adalah jenis komponen terpenting dari sebuah kulkas, untuk mengetahui cara kerja kulkas agar membuat kinerja dalamnya menjadi jauh lebih optimal :

1. Kondensor

kondensor kulkas adalah bagian pada kulkas yang bertugas menukarkan energi panas

Bila pernah mendengar nama kondensor, maka kulkas memiliki bagian tersebut yang mana kondensor kulkas adalah bagian pada kulkas yang bertugas menukarkan energi panas. Intinya dengan begitu akan membuat sistem kulkas dalam menghilangkan hasil suhu panas berlebih sehingga berada pada udara bebas. Biasanya bentuk dari kondensor sendiri adalah pipa dengan desain cukup berliku bersama dengan sirip. Dengan begitu, maka perbaikan udara dari kinerja kulkas bisa berjalan lebih baik.

2. Evaporator

evaporator kulkas

Kemudian ada juga bagian bernama evaporator kulkas adalah dimana memiliki zat cair dimana akan merubah kembali seluruh gas dalam mesin ini. Bagian pipa dari sendiri memiliki permukaan dengan bentuk diperluas bertujuan udara dingin bisa dihembuskan. Sisi bawah dari evaporator sendiri juga untuk keluarnya air dan membersihkan kotoran pada kisi-kisinya tersebut. Inilah mengapa alat ini memiliki bahan cukup tahan karat.

Baca Juga: Mengenal Bagian Evaporator Kulkas dan Cara Memperbaikinya pada Kulkas

3. Filter

filter kulkas
https://www.youtube.com/watch?v=lvrMKzIX_dY&ab_channel=MusJayaFSTeknik

Melihat dari namanya saja, maka ini merupakan tempat penampung dengan bertujuan menyaring benda asing serta uap dari sirkulasi kulkas. Selain itu, tugas utama lain dari filter kulkas adalah agar bisa membantu memisahkan antara gelembung gas dengan cairan refrigrant pada saat sebelum dimasukkan ke katup. Kinerja mesin kulkas akan menjadi lebih baik dan bersih dengan adanya sistem berikut di dalamnya.

4. Heater

heater kulkas adalah

Walau bertugas sebagai pendingin, bukan berarti lemari pendingin atau kulkas tidak terdapat sebuah heater saat digunakan. Tugas bagian heater kulkas adalah lebih kepada menghancurkan bunga es ketika akan muncul sebagai mana bisa merusak kinerja kulkas. Itulah mengapa, biasanya penempatan dari heater sendiri pada bagian dimana dekat pada freezer kulkas untuk kebaikan kondisinya saat dipakai.

5. Kompresor

kompresor kulkas adalah

Bagian paling penting dalam dibahas adalah terkait keberadaan kompresor, yang dimana fungsi kompresor kulkas adalah untuk memompa seluruh suhu dingin ke dalam kulkas. Dengan begitu, maka kulkas akan menekan atau memompa gas refrigerant pada tekanan rendah menuju tinggi. Bagian terpenting juga membantu mengoperasikan sirkulasi sebaik mungkin berdasarkan hisapan serta kompresi diberikan. Inilah mengapa bagian satu ini bisa dibilang sangat utama dan memberikan banyak pengaruh.

Kesimpulan

Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, tentunya sebagai pemilik kulkas lebih mengerti akan terkait mengenal komponen kulkas bisa bekerja. Apalagi, saat ini teknologi dalamnya sendiri juga sudah sangat mumpuni untuk ukuran pintu lemari pendingin tersebut. Sebagai pemilik juga harus mengetahui bila terjadi suatu kerusakan atau gangguan ketika ada komponen terkena sesuatu hal tersebut.

Apabila Anda yang berada di daerah yogyakarta dan mengelami kendala pada kulkas, freezer, atau shocase display langsung saja bisa menghubungi jasa service kulkas terbaik di jogja hendi teknik melalui whatsApp 0889 5742 038

penulis: Suhendi

Berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang perbaikan elektronik dan spesialis pendingin. Owner dari Hendi Teknik Jasa Service Kulkas dan Elektronik Lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Selamat Datang

Klik WhatsApp Admin di bawah ini untuk memulai chat agar mendapatkan fast response

× Chat via WhatsApp