Jika Pompa Air Bunyi Berisik? 3 Hal ini Mungkin Bisa Mengatasinya

mengatasi pompa air bunyi berisik

Penulis Suhendi • di Posting pada Kamis, 15 September 2022 • Perkiraan 3 Menit Membaca

Jika Pompa Air Bunyi Berisik? 3 Hal ini Mungkin Bisa Mengatasinya – Apakah Anda sering mendengar pompa air bunyi nging.. dengan kasar di rumah secara terus menerus pompa mengeluarkan bunyi bising atau berisik? Jika ya, ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan hal tersebut.

Suara bising yang ditimbulkan apabila dibiarkan terus-menerus dapat merusak pompa. Nah apabila di rumah Anda pompa air berbunyi bising, ini penyebabnya yang mungkin harus segera ditangani.

Terjadi Kerusakan pada Impeller

Jika terdapat kerusakan pada komponen yang bernama impeller ini, akan menimbulkan munculnya suara bising pada mesin pompa. Pada kondisi seperti ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka bagian water pump kemudian pastikan bahwa pompa listrik tidak mengalami masalah.

kerusakan pada impeller penyebab pompa air bunyi berisik
source image: https://elektrologi.iptek.web.id/

Dalam beberapa kasus, sering ditemukan kerikil atau batu menempel pada mesin pompa air sehingga ikut tergerus oleh impeller-nya. Benda-benda yang terdapat pada body mesin pompa dapat mengakibatkan kerusakan karena air menjadi tidak dapat terhisap oleh mesin.

Oleh karena itu, apabila kotoran sudah diangkat dan pemasangan pipa hisap sudah selesai dilakukan secara sempurna, maka pompa dapat dipakai kembali, meskipun mungkin tidak bisa bekerja seperti sebelumnya.

Cara Mengatasi Pompa Air Bunyi Berisik

Pompa air yang menggunakan tabung biasanya akan menimbulkan suara berisik apabila tekanan udaranya berkurang. Hal ini karena tekanan udara dapat secara otomatis memicu untuk mencapai titik off.

Selain itu, kebisingan juga bisa disebabkan oleh kebocoran pada tabung pompa. Nah dalam keadaan seperti ini ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Melakukan Penambalan

Pertama-tama yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan penambalan pada tabung pompa air. Meski begitu, yang perlu kita ketahui adalah melakukan penambalan pada tabung pompa air kadang-kadang akan menjadi sulit jika kondisi tabung pompa mulai agak keropos karena berkarat.

Apabila kebocoran belum terlalu parah, masih bisa dilakukan pengelasan. Kebocoran kecil juga dapat ditambal dengan menggunakan lem hitam putih. Untuk lubang yang terlalu besar, lem seperti ini kadang kurang dapat bertahan lama.

2. Melakukan Penggantian

Melakukan penggantian tabung merupakan solusi terbaik apabila terdapat spare part pengganti yang sesuai. Dalam hal ini, carilah spare part yang memiliki spesifikasi yang sama.

Baca Juga: Ooh! Jadi ini Penyebab Rice Cooker Rusak, Gini Cara Memperbaikinya

3. Melepas Tabung Pompa

Yang dimaksud melepas tabung disini yaitu menjalankan unit mesin pompa air tanpa menggunakan tabungnya. Untuk pompa air yang menggunakan jenis tabung seperti di atas maka cara yang dapat kita lakukan cukup mudah. Yaitu dengan cara melepaskannya dari dudukan kemudian skok dratnya ditutup dengan dop yang sesuai ukuran.

Namun demikian, apabila tidak menggunakan tabung ada hal yang harus kita perhatikan. Salah satunya adalah ketika proses otomatis sedang berjalan mesin tidak bisa lagi bekerja secara lembut.
Ini artinya mesin berproses terus secara konstan. Pada akhirnya mesin mungkin akan mengalami masalah pada hal on dan off-nya, dan juga mesin bisa sangat responsif pada saat melakukan buka dan tutup keran air

Penutup

Demikianlah cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pompa air yang berisik. Kita dapat mencoba mengeceknya sendiri dan memperbaiki permasalahan yang dialami. Pompa air berbunyi bising, ini penyebabnya memang bisa bermacam-macam. Mulai dari kerusakan impeller hingga kebocoran pada tabung yang dapat ditangani dengan beberapa cara.

Namun apabila dirasa persoalan yang timbul terlalu rumit, dalam hal ini kita tetap disarankan untuk menggunakan atau menghubungi jasa reparasi pompa air untuk meminimalisir kesalahan yang mungkin dapat terjadi pada pompa air kita.

Jika anda berada di wilayah yogyakarta dan membutuhkan service pompa air panggilan, bisa langsung menghubungi Hendi Teknik untuk jasa perbaikan. Untuk mendapatkan fast response bisa menghubungi nomoe WhatsApp berikut 0889 5742 038

penulis: Suhendi

Berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang perbaikan elektronik dan spesialis pendingin. Owner dari Hendi Teknik Jasa Service Kulkas dan Elektronik Lain.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.2 / 5. Vote count: 19

No votes so far! Be the first to rate this post.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Selamat Datang

Klik WhatsApp Admin di bawah ini untuk memulai chat agar mendapatkan fast response

× Chat via WhatsApp